Total Tayangan Halaman

Selasa, 10 Januari 2012

Mengapa dan Kapan Promosi Perlu Diadakan ?


Berpromosi adalah suatu aktifitas yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk memberikan nilai tambah terhadap produknya. Aktifitas promosi adalah suatu tindakan investasi yang membutuhkan dana yang besar. Oleh karena itu harus dilakukan secara terencana dan efektif.   
  
Kapan promosi perlu diadakan ? Umumnya aktifitas promosi diadakan jika  terjadi situasi sebagai berikut : 
  • Ada gap antara  tujuan dengan realisasi
  • Ada ancaman dari pesaing




DI kalangan praktisi pemasaran khususnya produk FMCG (fast moving consumer goods) dikenal tiga jenis aktifitas promosi, yaitu :
  1. Trade promotion
  2. Consumer promotion
  3. Sales force incentive  

1. Trade promotion
Trade promotion adalah suatu aktifitas promosi yang dilakukan untuk memberikan keuntungan tambahan ke outlet .

Aktifitas promosi ini bertujuan untuk :
  • meningkatkan loyalitas outlet
  • membendung aktifitas pesaing
  • meningkatkan distribusi vertikal
  • meningkatkan merchandising

Contoh : memberikan discount 10%, beli 10 bungkus ekstra 1 bungkus, memajang 5 bungkus insentif 1 bungkus

2. Consumer promotion
Suatu aktifitas promosi yang dilakukan untuk memberikan manfaat tambahan kepada konsumen.

Tujuan dari consumer promotion antara lain adalah :
  • meningkatkan loyalitas konsumen
  • meningkatkan jumlah konsumsi produk
  • menambah konsumen baru
  • membendung aktifitas pesaing
Contoh : beli 2 bungkus ekstra 1 bungkus, beli 5 bungkus berhadiah gelas, undian point

3. Sales force incentive
Suatu aktifitas yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja para sales force dengan cara memberikan insentif tambahan

Tujuan aktifitas ini adalah :
  • meningkatkan coverage level
  • meningkatkan distribusi 
  • meningkatkan product visibility / merchandising
  • meningkatkan volume penjualan
Contoh : distribusi mencapai 90% insentif kaos, mencapai target 100% insentif sepeda motor

Setelah diketahui kapan dan jenis-jenis aktifitas promosi apa saja yang akan dilakukan, tahap selanjutnya adalah bagaimana mengalokasikan target promosi

  
Tahap akhir adalah melakukan Evaluasi Pencapaian Promosi dari berbagai aktifitas promosi yang sudah dilakukan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar